English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

P3K Jika Terserang Virus

Terserang virus? Jangan panik! Praktekan saja dua jurus ini.

Apa yang harus dilakukan jika computer terkena virus? Jangan terburu-buru mengeluarkan ilmu Pasopati, alias “format” dan “install ulang windows”! dalam beberapa kasus virus, seperti Confiker, ini tidak menyelesaikan masalah. Komputer akan terinfeksi lagi begitu dihubungkan dengan jaringan.

Jadi bagaimana? Coba tangani dulu sendiri dengan dua jurus yang PCplus tunjukan. Masa anda kalah sama virus?

Gunakan System Restore

Ini adalah jurus yang paling mudah tapi ampuh jika anda ingin computer anda berjalan dengan baik seperti kondisi sebelum terinveksi virus. System Restore adalah salah satu fitur andalan windows XP dan Vista yang secara default diaktifka saat OS pertama kali di install.

Dengan system Restore kita dapat membuat restore point (yang juga secara otomatis dibuat berkala oleh Windows). Ini mirip mesin waktu. Maksudnya, ketika system ‘berulah’ tidak wajar, karena virus atau driver, kita dapat mengembalikan konfigurasi Windows seperti ketika computer sehat.

Contoh, ada aplikasi yang baru di install dan mengakibatkan OS bermasalah/sering crash. Dari pada pusing dan menghabiskan waktu menganalisis letak kesalahan program, panggil saja Restore Point pada saat program tesebut belum di install. Maka sim salabim, semua setting registri dan konfigurasi windows lain kembali seperti sedia kala.

Restore Point dapat diterapkan jika anda tahu kapan kira-kira virus menginfeksi computer, atau dalam kasus anda tidak menjalankan file virus. Cuma ada saratnya, yakni System Restore tidak di non aktifkan, oleh pengguna maupun virus (beberapa Virus Seperti Confiker menonaktifkan system restore sewaktu menyerang korbannya.

Celakanya, System Restore sering menjadi bumerang. Jika sudah masuk ke Restore point, virus yang menginfeksi computer justru terlindung oleh system restore. Akibatnya, meskipun sudah dibersihkan berkali-kali dengan anti virus, virus adakalanya kukuh bercokol di file-file restore point. Virus akan bangkit lagi dari restore point. Ini sangatlah menjengkelkan.

Karena itu, setiap langkah pembersihan virus dilakukan, langkah pertama yang dilakukan adalah menonakatifkan System Restore. Ini agar virus tidak diproteksi oleh System Restore.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengembalikan kondisi semula (Restore Point):

1. Klik [Start] [All Program] [Accsessoris] [Sytem Tool] [System Restore]

2. Akan muncul tiga pilihan dilayar wizad System Restore, yaitu:

a. Restore my computer to an earlier time. Gunakan ini untuk mengembalikan system pada waktu tertentu.

b. Create a restore point. Gunakan u/ menciptakan Restore point pada saat ini.

c. Undo my restoration. Gunakan untuk membatalkan restor point yang dilakukan.

Di sini pilih [Restore my computer to an earlier time]

3. Berikutnya, anda akan dihadapkan pada sebuah kalender. Pilih waktu ketika computer masih stabil atau belum terinfeksi virus, kemudian klik [Next].

4. Pada wizard selanjutnya akan muncul layer konfirmasi. Pilihlah [Next].

5. System Restore akan bekerja, lalu me-restart computer. Anda perlu menunggu sekitar 15 menit (tergantung hardware anda), agar Windows mengemballikan Restore point.

Sayangnya pada beberapa kasus, virus mencoba mematikan System Restore, jadi gunakan System Restore jika virus belum mematikan fitur ini.

Pembersihan Manual

Jika Sytem Restore memulihkan computer, masih ada cara lain. Jurus terakhir ini adalah “Pembersihan Manual”.

Yang paling penting JANGAN PANIK! Langkah selanjutnya , segera simpan data anda dan tutup semua program yang sedang aktif. Pastikan data tersimpan pada lokasi yang benar atau tepat dan anda mengetahui lokasinya.

Setelah itu, lakukan BACKUP data ke media penyimpanan lain (USB flah disk, CD, dll), yang terpisah dari hard disk computer. Ini dlikukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pada data anda. Jika memungkinkan, ada baiknya melepas hard disk yang ter infeksi dan mengcopy data penting anda ke hard disk/media lain.

Setelah semua hal diatas anda lakukan, jalanka langkah-langkah berikut:

1. Instal Program AntiVirus dan lakukan Update antivirus. Jika computer anda sudah terpasang antivirus, lakukan saja Update antivirus untuk mencegah kemungkinan inveksi virus-virus baru. Jika perlu unduhlah tool gratis Norman Malware Cleaner di http://download.norman.no/publik/Norman_Malware_Cleaner.exe

2. Segera PUTUSKAN koneksi internet dan koneksi jaringan local (LAN) anda untuk mencegah infeksi virus ke jaringa local atau infeksi ulang dari jaringan/Internet. Untuk memutuskan jaringan atau koneksi Internet, begini langkahnya:

Ø Klik [Start] [Control Panel] [Network and Internet Connection].

Ø Pada Network Connection, pilih koneksi Internet/jaringan yang ada, kemudian klik kanan dan klik [disable].

3. Non Aktifkan “System Restore” untuk mempermudah pembersihan virus yang diprokteksi oleh Restore point dan mencegah virus kembali menginfeksi computer. Caranya:

Ø Klik kanan pada My Komputer, Klik [Properties].

Ø Kemudian pada [System Properties].

Ø Pada Tab [System Restore], centang pilihan [Turn off System Restore on all drives]

Ø Klik [Apply] [OK].

4. Lakukan SCAN virus. Biarkan antivirus malakunan scanning secara full pada computer, termasuk USB flash disk (jika ada). Setelah proses Scan selesai, restart computer jika diperlukan. Alternative lain, lakukan secanning dengan menggunakan Removal tool.

5. BERSIHKAN temporary file dari kemungkinan masuknya virus. Begini caranya:

Ø Klik [Start] [All Program] [Accessoris] [System Tool] [Disk Cleanup].

Ø Pada [Disk Cleanup]. Pilih drive yang akan dibersihkan(secara default C:).

Ø Biakan [Disk Cleanup] melakukan scanning terlebih dahulu.

Ø Pilih temporary files yang akan dibersihkan, kemudian klik [OK].

Ø Biarkan Cleanup proses bekerja sampai selesai.

Jika sudah melakukan dua jurus diatas, tetapi computer anda masih bermasalah, jangan ragu-ragu berKONSULTASI dengan bagian TI atau vendor antivirus anda.



Baca Juga Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Dimana Ada Kemauan, Disitu Pasti ada Jalan

Masukan Link Anda Disini