English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Fungsi Garam..

TAHUKAH anda, fungsi garam sebenarnya tidak hanya memberikan rasa asin pada makana? Garam juga mempunyai manfaat lain yang berkenaan dengan aktifitas didapur. Berikut ini beberapa kegunaannya:

  1. Telur ayam yang retak bila direbus akan keluar putihnya. Tetapi bila telur retak ini direbus dalam air garam, maka mudah membersihkannya.
  2. Daun pada sayur mayur yang sering ada ulatnya. Membersihkannya agak repot. Bila sayur mayur itu direndam sebentar dalam air garam, dapat mudah membersihkannya.
  3. Mencabut bulu bebek, bila dalam air mendidih yang diberi sedikit garam, dapat mencegah tercabutnya kulit bebek.
  4. Sayur pare, lobak, atau sayuran lain yang mangandung rasa pahit atau sepet, setelah dipotong dan direndam dalam air dengan sedikit garam kemudian ditiriskan, dapat mengurangi rasa pahit dan sepet tersebut.
  5. Ikan segar bila dicuci dengan air garam maka bisa menghilangkan bau tanah, sehingga terasa lebih segar.
  6. Bagian dalam dan luar dari ikan yang tidak segar, bila dilumuri garam secara merata, lalu didiamkan sesaat baru di-tim atau digoreng, maka rasanya akan kembali segar.
  7. Sebelum menggoreng ikan atau memasak lainnya, bila pada wajan diberi sedikit garam, maka minyak tidak akan memercik keluar wajan.
  8. Waktu membuat roti mantou bila diberi sedikit garam, maka mantou yang dikukus jadi empuk dan mengembang (berongga).
  9. jika akan menyimpan cuka dalam waktu yang lama, maka dalam cuka perlu diberi sedikit garam agar pada permukaan cuka tidak timbul lapisan.
  10. Barang pecah belah yang baru dibeli, bila sebelum digunakan direbus dahulu dengan air garam, maka jika kena dingin tidak akan kudah retak.
  11. Terong bila diasinkan dengan garam selama 10 menit, selain menghemat minyak, juga enak rasanya.



Baca Juga Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Dimana Ada Kemauan, Disitu Pasti ada Jalan

Masukan Link Anda Disini