English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bagaimana Memilih Pekerjaan

Dalam situasi yang sangat sulit, memilih pekerjaan akan menjadi lebih sulit. Pada situasi stabil saja, banyak orang yang mencari pekerjaan sperti apa yang diinginkan, dan menurut survey terbaru yang dilakukan job forecast 2009, sekitar 30 persen pekerja tidak merasa puas dengan posisi dan pekerjaannya yang dijalaninya selama ini. Lalu bagaimana harus bersikap.

Memilih-milih pekerjaan dalam ondisi seperti ini, memang bukanlah hal bijak, karena situasi perekonomian lagi lesu, lapang kerja menyusut, dan bahkan orang yang sedang bekerja, sebagian akan terancam telah dan akan kehilangan pekerjaannya, terlepas apakah dia memang menyukai pekerjaannya atau tidak.
Banyak orang didunia ini yang tidak bisa mencapai impiannya, mewujudkan harapan menjadi kenyataan, atau menjadikan seseuatu seperti apa yang diinginkannya. Lalu kalau kita menghadapi hal semacam itu, apakah kita lantas menyerah, menerima kenyataan, tentu saja tidak, dan jangan pernah, berusaha berdo’a harus terus dilakukan.
Menerapkan cara berfikir bahwa mencari kerja itu sulit, juga bukan suatu yang harus diyakini, karena di Indonesia saja lebih dari 5000 lowongan kerja setiap minggu disebar untuk berbagi posisi dan profesi, mulai dari pekerjaan kasar, skill rendah dan menengah serta expert. Belum lagi lowongan-lowongan yang ada di Negara-negara lain.
Permasalahannya, dari sekian banyak lowingan kerja yang dibuka, rata-rata hanya 20 persen yang mampu diraih oleh pencari kerja dengan berbagai sebab antara lain, kemampuan/skill yang dibutuhkan para pemberi kerja tidak bisa dipenuhi oleh para pencari kerja, artinya ada kesenjangan antara kemampuan yang dibutuhkan para pemberi kerja dan kemampuan yang dimiliki pencari kerja.
Hal tersebut tidak saja terjadi di dalam negri, tapi terjadi juga dengan lowongan kerja yang tersedia diluar negri untuk para pencari kerja Indonesia. Lowongan uang disediakan pemerintah Korea Selatan untuk tenaga kerja Indonesia tahun 2006 sebanyak 8000 orang, tapi yang bisa ditempatkan hanya 1243 orang, tahun 2007 yang diminta 8500 orang, namun yang bisa ditempatkan hanya 4304 orang.
Yang harus dilakukan adalah, ambil saja dulu lowongan apapun yang bisa anda ambil dan anda peroleh dalam kesempatan pertama, meskipun pekerjaannya kurang anda sukai. Dengan langkah seperti ini, anda akan punya batu loncatan untuk dpat memilih pekerjaan yang diinginkan dan sekaligus juga telah memperluas networking. Yang penting saat mencari pekerjaan yang diinginkan itu, jangan meninggalkan pekerjaan yang sudah dijalani sebelum pekerjaan baru benar-benar anda dapatkan. Selamat mencoba, semoga sukses.




Baca Juga Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Dimana Ada Kemauan, Disitu Pasti ada Jalan

Masukan Link Anda Disini