English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mulailah Dari Yang Kecil

ORANG lebih suka berdesak-desak di acara bursa lowongan kerja dari pada mencoba buka usaha baru. Padahal belum tentu mereka bekerja akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan harapan. Perasaan takut gagal dan seabreg perasaan lainnya biasanya menghinggapi mereka yang merintis usaha kecil.

Tapi setelah melihat orang yang merintis usahanya dari kecil dan sukses merupakan pemandangan yang indah dan menyenangkan bukan?. Terkadang ada rasa salut, kagum, bahkan mencontohnya. Karena merintis usaha dari kecil butuh sebuah kesabaran, ketekunan, dan teknik-teknik tersendiri yang tidak semua orang bisa melakukannya.
Fakta menunjukan usaha yang dirintis sejak kecil memang bisa bertahan lebih lama, karena tahu lebih detail tentang kekurangan dan kelemahannya, dan tahu juga bagaimana cara mengatasinya. Sebagai contoh bisnis hotel yang dilakukan oleh Hilton. Ia merintis usaha hotelnya dari rumah yang ia renovasi menjadi kamar-kamar kecil. Lalu pusat bimbingan primagama , dari semula hanya satu dan biasa, dan sekarang mejadi ribuan cabang, hanya karena diwaralaba.
Contoh, sering kita melihat warung kaki lima yang menjajakan mie ayam, dan pemilik warung bercerita bahwa ia tidak memiliki satu tempat saja, tetapi sudah empat dan ternyata laris semua. Tidak kurang 200 porsi seharinya untuk satu warung. Jika ia mengambil keuntunga perharinya 1000 perporsinya, berarti 24 juta setiap bulan bisa ia kantongi. Ini belum termasuk keuntungan dari minuman dan makanan tambahan lain, seperti kerupuk dll. Tertarik?
Contoh lainnya, seorang penjahit khusus melayani vermak celana jeans. Disamping penggerjaannya tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa ditunggu, membuat pekerjaan ini sering kebanjiran order. Biasanya karena kepanjangan membeli celana baru pasti akan dipermak dulu. Berapapun harga celana, entah mahal atau murah, kalau kebesaran atau kekcilan pasti tidak akan cocok dipakainya. Sehingga merelakannya untuk di permak.
Maka, mengasah kemampuan dalam menangkap peluang untuk jangka panjang dan memulainya dari kecil, memeliharanya dengan kesabaran dan ketekunan, dan berjuang secara sungguh-sungguh, selalu membei efek yang luar biasa. Apapun usahanya, jika dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh pasti akan mencapai kesuksesan.
Mencontoh dan mengikuti kesuksesan orang lain mungkin jalan yang cepat, tetapi tidak selalu dianjurkan, karena masing-masing pribadi mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Tetapi jika baru itu yang bisa dilakukan tidak menjadi masalah, kita bisa menambah kekurangan dari yang kita contoh. Jadi jangan mencontoh mentah-mentah apapun jenis usahanya. Lakukan saat ini juga! Dan mulailah dari hal kecil.***




Baca Juga Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Dimana Ada Kemauan, Disitu Pasti ada Jalan

Masukan Link Anda Disini